Internasional

Berapa Banyak Jumlah Rudal yang Kemarin Diluncurkan Iran ke Israel?

Rabu, 02 Oktober 2024 20:45 WIB
Jumlah rudal yang diluncurkan Iran ke Israel kemarin, 1 Oktober 2024. (Dok: The Guardian)

Radarsuara.com - Pada 1 Oktober 2024, Iran melancarkan serangan balistik terbesar terhadap Israel dalam konflik yang sedang berlangsung.

Dalam operasi yang dinamakan "True Promise 2," Iran menembakkan sekitar 200 rudal ke beberapa lokasi di Israel, termasuk Tel Aviv dan Yerusalem. 

Serangan itu merupakan respons terhadap pembunuhan beberapa pemimpin utama kelompok proksi yang didukung Iran, termasuk Hassan Nasrallah (pemimpin Hizbullah) dan Ismail Haniyeh (pemimpin Hamas), serta komandan senior lainnya.

Serangan ini menyebabkan beberapa kerusakan, termasuk di Negev Airbase, dan memicu sirene peringatan di seluruh Israel.

Dua warga Israel terluka ringan, sementara seorang warga Palestina tewas akibat pecahan roket di Tepi Barat yang diduduki Israe.

Tanggapan dari Israel cukup keras, dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa Iran telah melakukan "kesalahan besar" dan akan menghadapi konsekuensinya, dikutip dari The Guardian pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Sementara itu, Amerika Serikat mendukung Israel dengan menegaskan akan ada "konsekuensi serius" bagi Iran.

Sebagai bagian dari tanggapan ini, Iran juga mengancam akan melanjutkan serangan jika Israel melakukan provokasi lebih lanjut, menunjukkan bahwa ketegangan ini belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...