Berita Daerah

Forum IPB97: Bahlil Menggunakan Rekognisi Pembelajaran Lampau Sehingga Masa Studi Doktoralnya terbilang Singkat

5 jam yang lalu
Foto: Forum IPB97: Bahlil Menggunakan Rekognisi Pembelajaran Lampau Sehingga Masa Studi Doktoralnya terbilang Singkat.

Radarsuara.com - Forum Diskusi IPB97 membahas masa studi Bahlil Lahadalia yang tidak sampai 2 tahun. "Dengan Peraturan Pemerintah No. 53/2023 kini mahasiswa S1 tanpa skripsi, S2 tanpa thesis dan s3 tanpa harus direpotkan dengan disertasi. Bahkan jumlah SKS utk S3 tidak diatur alias bebas. Mungkin UI sudah menerapkan, yang lain masih wait and see" Bayu Wirawan seorang auditor yang berkarir di Kementerian Pertanian menjelaskan. 

Sementara Dr. Huda S. Darusman mengatakan bahwa mekanisme Rekognisi Pembelajaran Lampau  (RPL) ini adalah pengakuan keahlian/pengalaman/pencapaian yang relevan & equivalent dengan kompetensi program studinya.

Hal ini sudah berjalan sejak 2020 dan 2022, tanpa banyak memodifikasi/mangadopsi aturan baru. RPL bisa menyingkat masa studi sampai dengan 40% asalkan given syarat-syaratnya mencukupi/qualified. 

Dr. Nurjaeni seorang Kepala Bagian di BKKBN gembira dengan proses seperti ini karena tentunya pejabat-pejabat yang disibukkan oleh pekerjaan rutin di kantornya masing-masing dapat membuat paper/product/naskah policy terkait dengan topik yang diajukan untuk penelitian mereka untuk mempermudah mendapatkan gelar doktor. 

Dr. Rahmat Hidayat menduga bisa saja Bahlil mendapatkan kemudahan di 1-2 semester melalui mekanisme RPL atau hanya mengambil course di semester 1 sampai semester 2 kolokium.

Kemudian lanjut seminar hasil penelitian di semester 3 tinggal ujian dan sidang promosi di semester 4, alhasil belum penuh 4 semester saja beliau sudah usai masa studinya. Walay ia mencatat bahwa di beberapa kampus mensyaratkan sidang promosi itu hanya boleh di semester 5.  

"Informasi detail dari rekan-rekan ini menambah semangat saya yang sebelumnya tidak tertarik menempuh pendidikan formal pasca S1, juga jadi kabar gembira dan contoh nyata bahwa mereka yang berkarya di dunia profesional dapat mengambil mekanisme RPL ini sehingga mempersingkat masa studinya" Muhammad Sirod, seorang anggota forum diskusi yang tengah menempuh studi pasca sarjana Damai Resolusi Konflik di UNHAN ikut berkomentar. 

"Sebenarnya ada banyak profesional yang memiliki pengalaman dan karya tengah menempuh program doktoral dengan skema RPL ini, contohnya pengusaha pemilik Taman Safari yang tengah mengambil prodi S3 Primatology di IPB, dimungkinkan hanya 5 semester saja sudah bisa meraih gelar doktor" Dr. Huda S. Darusman menjelaskan di akhir diskusi tersebut.

 (*/Adv)

Komentar

You must login to comment...