Internasional

Perkuat Kerja Sama, Indonesia dan Jepang Fokus Sertifikasi Halal Produk Ekspor

Selasa, 01 Oktober 2024 13:12 WIB
Jepang dan Indonesia perkuat kerja sama, fokus pada sertifikasi produk ekspor halal. (Dok: kemenag.go.id)

Radarsuara.com - Pemerintah Indonesia dan Jepang sepakat memperkuat kerja sama dalam Jaminan Produk Halal (JPH) dalam pertemuan bilateral antara Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama dan Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries (MAFF) Jepang. 

Pertemuan itu berlangsung di Tokyo dan dipimpin oleh Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham, serta Deputy Director-General of Export and International Affairs Bureau, Ken Sasaji.

Muhammad Aqil Irham menyampaikan harapannya agar pertemuan ini membuka komunikasi yang lebih intensif antara kedua negara dalam hal pertukaran informasi serta peningkatan sinergi di bidang produk halal. 

"Kami berharap kerja sama ini bisa lebih intensif, baik dalam pertukaran data maupun informasi terkait produk halal," ujar Aqil.

Ken Sasaji, mewakili pemerintah Jepang, menekankan pentingnya sertifikat halal dalam mendukung kerja sama produk halal antara Indonesia dan Jepang. 

"Sertifikat halal adalah elemen kunci dalam kerja sama ini, dan ada enam poin penting yang perlu kita diskusikan lebih lanjut," jelas Sasaji.

Aqil juga mengungkapkan bahwa saat ini lima Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) di Jepang telah mengajukan kerja sama dengan BPJPH, dengan dua di antaranya, Japan Islamic Trust (JIT) dan Japan Muslim Association (JMA), telah melakukan Mutual Recognition Agreement (MRA) dengan BPJPH. 

Proses MRA untuk tiga lembaga lainnya, termasuk Nippon Asia Halal Association (NAHA), diharapkan segera selesai dalam waktu dekat.

Pertemuan ini diharapkan mampu mempercepat proses pengakuan sertifikasi halal antara lembaga-lembaga tersebut, yang pada gilirannya akan meningkatkan kerja sama halal kedua negara. 

Aqil menekankan pentingnya sertifikasi halal bagi produk Jepang yang masuk ke Indonesia, baik melalui lembaga yang telah melakukan MRA maupun secara langsung ke BPJPH.

"Dengan sinergi ini, diharapkan kerja sama produk halal antara Indonesia dan Jepang bisa terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak," tutup Aqil.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...