Nasional

DPR RI Perkuat Kerja Sama Bilateral dengan Parlemen Uzbekistan

Senin, 16 September 2024 19:46 WIB
Delegasi DPR RI saat melakukan kunjungan kerja ke Uzbekistan. (Dok: dpr.go.id).

Radarsuara.com - Delegasi Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Parlemen Uzbekistan, Oliy Majlis, di Tashkent pada 11–14 September 2024. 

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Ketua GKSB DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono dan didampingi oleh Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana.

Delegasi Parlemen Indonesia diterima oleh Ketua GKSB Oliy Majlis - DPR RI, Erkin Salikhov, yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Urusan Pertahanan dan Keamanan Parlemen Uzbekistan. 

Hadir pula beberapa pejabat tinggi Parlemen Uzbekistan, termasuk tiga wakil ketua, yakni Zukhra Ibragimova, Tojiev Odiljon, dan Khayrillo Gapporov, serta Ketua Komisi Hubungan Internasional Dilorom Fayzieva.

Dalam pertemuan tersebut, Edhie Baskoro Yudhoyono menyampaikan bahwa Uzbekistan merupakan mitra strategis Indonesia di kawasan Asia Tengah. 

“Uzbekistan adalah negara di Asia Tengah yang paling padat penduduknya dengan cadangan gas alam, minyak, dan batu bara yang besar. Selain itu, Uzbekistan telah memainkan peran utama dalam upaya untuk mengintegrasikan kawasan ini,” ujarnya dikutip pada Senin, 16 September 2024.

Selain itu, Delegasi GKSB DPR RI juga mencatat berbagai inisiatif Uzbekistan dalam mendorong integrasi dan konektivitas regional, yang menjadikan negara tersebut pemimpin di kawasan Asia Tengah. 

“Di sisi lain, Indonesia berdiri sebagai negara terpadat keempat di dunia dan ekonomi serta populasi terbesar di antara negara-negara ASEAN,” tambah Edhie.

Delegasi juga menekankan kesamaan prinsip demokrasi antara kedua negara, di mana mayoritas penduduknya beragama Islam.

Melalui pertemuan ini, Parlemen Indonesia berharap bisa mempererat hubungan dengan Uzbekistan dan negara-negara Asia Tengah melalui forum dialog antarparlemen.

Selain hubungan bilateral, Delegasi DPR RI juga mendorong komitmen terhadap kemerdekaan Palestina, pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), mitigasi perubahan iklim, serta kerja sama perdagangan yang adil dan langsung antara kedua negara.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...