Politik

Seorang Ayah Terharu, Putrinya Bisa Dioperasi Usai Relawan Cawalkot Bogor Rena Da Frina Bantu Selesaikan Masalah BPJS

2 jam yang lalu
Relawan Cawalkot Bogor, Rena Da Frina bantu selesaikan masalah BPJS warga. (Istimewa)

Radarsuara.com - Ibrohim, seorang buruh harian lepas berusia 50 tahun yang tinggal di Jalan Tugu Wates, Sukaresemi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, akhirnya bisa bernapas lega. 

Putrinya yang berusia 14 tahun, Selaras, berhasil mendapatkan layanan operasi medis berkat intervensi tim relawan perempuan pemenangan calon Wali Kota (cawalkot) Bogor, Rena Da Frina. 

Ibrohim sebelumnya menghadapi kesulitan administrasi dalam pembaruan data BPJS Kesehatan status Penerima Bantuan Iuran (PBI), yang menghambat putrinya mendapatkan penanganan medis.

Masalah ini bermula karena Ibrohim tidak mengetahui prosedur pembaruan data BPJS Kesehatan. Sebagai buruh harian lepas, ia sulit meninggalkan pekerjaan untuk mengurus hal administratif tersebut, karena jika tidak bekerja, ia tidak memperoleh penghasilan. 

“Saya memang sangat tidak mengetahui proses pembaruan data BPJS Kesehatan PBI ini. Saya hanya buruh harian lepas, jadi banyak tidak mengertinya. Namun meski saya tidak tahu apa-apa, seharusnya kalau ada warga perlu pengobatan harus secepatnya dibantu dulu oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor,” ujar Ibrohim, Rabu, 16 Oktober 2024.

Keadaan ini membuat Ibrohim kecewa karena hak warga dalam mendapatkan layanan kesehatan seakan dihambat oleh Pemkot Bogor. 

Dalam upaya mencari solusi, Ibrohim mengadukan masalahnya kepada dua anggota tim relawan perempuan pemenangan Rena Da Frina, yaitu Indah dan Pupun. 

“Saya cuma ingin Selaras segera dapat dioperasi supaya sembuh,” cetus Ibrohim.

Mendapat laporan tersebut, tim relawan segera turun tangan. Indah dan Pupun memvalidasi seluruh kronologi masalah, hingga akhirnya membantu memperbarui status BPJS Kesehatan PBI milik Ibrohim dan keluarganya. Setelah masalah administrasi terselesaikan, Selaras pun dapat segera menjalani operasi.

“Terus terang saya bahagia dan sangat lega sebab Selaras bisa juga berobat untuk dioperasi. Saya haru melihat jerih payah ibu-ibu timnya cawalkot Bogor Rena Da Frina mengurus penyelesaian masalahnya,” imbuh Ibrohim. 

Ia berharap, ke depan, pemimpin Kota Bogor lebih mengutamakan hak-hak warga, khususnya dalam layanan kesehatan, agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...