Politik

Cawalkot Bogor Rena Da Frina Siapkan Rumah UMKM di Tiap Kecamatan

4 jam yang lalu
Calon Wali Kota Bogor, Rena Da Frina dorong perluasan lapangan kerja baru lewat program Rumah UMKM di setiap kecamatan. (Istimewa)

Radarsuara.com - Calon Wali Kota Bogor, Rena Da Frina, menegaskan komitmennya untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam upaya membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan ekonomi lokal. 

Rena menyadari pentingnya peran UMKM dalam menekan angka pengangguran di Kota Bogor.

Salah satu langkah konkret yang dijanjikan Rena adalah memberikan fasilitas kredit tanpa agunan sebesar Rp 10 juta kepada 4000 pelaku UMKM. 

"Geliat usaha rakyat yang berkembang di Kota Bogor harus diberikan kemudahan, salah satunya fasilitas kredit tanpa agunan. Majunya UMKM ikut andil menekan angka pengangguran di Kota Bogor," ungkap Rena pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Selain itu, Rena menyoroti keluhan dari pelaku UMKM yang sering kesulitan mendapatkan modal usaha. Menurutnya, proses pinjaman modal sering terhambat oleh jaminan yang sulit dipenuhi oleh pelaku usaha kecil. 

"Masa ada peluang lapangan kerja baru harus diacuhkan? Akhirnya menambah masalah meningkatnya jumlah pengangguran di Kota Bogor. Maka itu saya ingin memudahkan proses pinjaman modal UMKM hingga Rp 10 juta supaya ketersediaan kerja di Kota Bogor bergeliat," tambahnya.

Langkah lain yang disiapkan Rena adalah mendirikan Rumah UMKM di setiap kecamatan di Kota Bogor, dengan tujuan memberikan ruang bagi pelaku usaha untuk memamerkan produk mereka tanpa harus membayar biaya sewa. 

"Biasanya jadi problematika juga mengenai lokasi pemasaran hasil produksi UMKM. Apalagi jika ada tempat tetapi dibebankan biaya sewa. Pasti membuat pelaku UMKM keberatan," ujar Rena.

Rena juga merencanakan peluncuran Pasar Weungi, sebuah festival malam di Kota Bogor yang akan menampilkan produk-produk UMKM lokal. 

Ajang ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Dengan langkah-langkah tersebut, Rena optimistis bahwa pertumbuhan UMKM akan semakin pesat dan berkontribusi signifikan dalam mengurangi pengangguran di Kota Bogor.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...