Lingkungan Hidup

Pemkot Banda Aceh Tekankan Pentingnya Peran Pemuda dalam Mengatasi Perubahan Iklim

Jumat, 11 Oktober 2024 15:03 WIB
Pj Wali Kota Banda Aceh, Ade Surya tekankan pentingnya peran pemuda dalam mengatasi perubahan iklim. (Dok: bandaaceh.go.id)

Radarsuara.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Ade Surya, menekankan pentingnya peran generasi muda dalam mengatasi perubahan iklim melalui literasi yang kuat.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Literasi untuk Aksi Iklim Generasi Muda 2024 yang diadakan di Aula Fakultas MIPA USK, Banda Aceh.

Ade Surya dalam sambutannya mengingatkan bahwa mahasiswa tidak hanya bertanggung jawab pada pendidikan pribadi, tetapi juga lingkungan sekitarnya. 

“Perubahan iklim merupakan masalah serius yang sedang kita hadapi saat ini,” ujarnya, merujuk pada dampak bencana alam seperti banjir dan kebakaran hutan.

Ade menekankan bahwa literasi iklim sangat penting untuk memahami cara menjaga lingkungan melalui penggunaan sumber daya yang berkelanjutan dan pengurangan emisi gas rumah kaca. 

Ia juga mengajak mahasiswa untuk memulai langkah-langkah kecil seperti mengurangi penggunaan plastik dan menghemat energi.

“Mari kita tingkatkan literasi iklim, berperan aktif dalam menjaga lingkungan, dan menjadi generasi yang peduli terhadap bumi ini,” harap Ade Surya.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Ardhasena Sopaheluwakan, menambahkan bahwa kegiatan ini ditujukan kepada generasi muda dengan harapan mereka dapat menyebarkan informasi kepada masyarakat luas. 

"Generasi muda masih penuh energi dan inovasi, dan kami berharap mereka dapat membangun kepercayaan publik melalui penyebaran informasi yang akurat," ujarnya.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...