Ekonomi Bisnis

Kemenag Aceh Dorong Kemandirian Pesantren Lewat Inkubasi dan Pemberdayaan Ekonomi

Senin, 30 September 2024 15:27 WIB
Kementerian Agama Provinsi Aceh tingkatkan kemandirian ekonomi pesantren. (Dok: aceh.kemenag.go.id)

Radarsuara.com - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh menggelar pertemuan bersama para pemangku kepentingan guna membahas program prioritas Kemenag, Senin, 30 September 2024.

Pertemuan tersebut berlangsung di Sribudaya Resort & Cafe, Aceh Besar, dengan topik utama kemandirian pesantren melalui inkubasi dan pemberdayaan ekonomi.

Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Drs. H. Azhari, M.Si, menyatakan bahwa program ini bertujuan memperkuat sinergi antara pesantren dan pihak-pihak terkait dalam meningkatkan kemandirian ekonomi pesantren. 

"Setelah sukses membahas revitalisasi KUA dan transformasi digital, kali ini fokus pada kemandirian pesantren lewat pemberdayaan ekonomi," ujar Azhari.

Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag Aceh, Dr. H. Muntasyir, MA, menjelaskan bahwa pemberdayaan ini sejalan dengan fungsi utama pesantren sebagai lembaga pendidikan, dakwah, dan ekonomi. 

Ia juga menyebut bahwa pada 2024, sebanyak 17 pesantren di Aceh menerima program inkubasi, meningkat dari dua pesantren pada 2021.

Pihak-pihak terkait seperti Dinas Dayah, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Bank Indonesia turut hadir dalam diskusi, membahas berbagai peluang dan tantangan dalam mengelola bantuan modal untuk pesantren.

"Kami berharap pesantren yang belum mendapatkan bantuan dapat dibantu, dan diskusi semacam ini bisa lebih sering dilakukan," kata Dr. Mawardi, perwakilan Pondok Pesantren Miftahul Khairy.

Melalui program ini, Kemenag Aceh berharap pesantren di wilayah tersebut dapat mandiri secara ekonomi dan terus berkembang dalam menjalankan fungsinya sebagai pusat pendidikan dan dakwah.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...