Gaya Hidup

Psikolog UI Bagikan Tips Agar Anak Tidak Jadi Korban Perundungan

Sabtu, 21 September 2024 16:11 WIB
"Ilustrasi" Tips agar anak tidak jadi korban perundungan. (Foto: pixabay.com/geralt)

Radarsuara.com - Psikolog klinis anak dan remaja dari Universitas Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, memberikan kiat kepada orang tua agar anak tidak menjadi korban perundungan. 

Vera menekankan pentingnya mengajarkan anak untuk bersikap asertif dalam menghadapi situasi sosial yang berisiko.

“Asertif adalah kemampuan untuk menyampaikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain tanpa menyerang atau merendahkan pihak lain,” ujarnya dikutip pada Sabtu, 21 September 2024.

Vera menjelaskan bahwa pengasuhan demokratis yang memberikan anak kebebasan untuk berpendapat akan membuat mereka lebih kuat dalam menghadapi situasi seperti perundungan.

Vera juga menyoroti pentingnya membangun rasa percaya diri pada anak dengan cara mengembangkan kelebihan mereka. 

“Ajarkan anak untuk membela diri dan tampil percaya diri, ini penting agar mereka bisa menetapkan batasan dan mengurangi risiko menjadi korban perundungan,” tambahnya.

Selain itu, suasana rumah yang penuh cinta dan kasih sayang akan membentuk anak menjadi pribadi yang kuat secara psikologis.

Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada 2024 mencatat 35 persen kasus kekerasan anak terjadi di lingkungan sekolah, yang menjadi perhatian serius bagi para orang tua dan pendidik.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...