Peternakan

Pemkab Pasuruan Terus Tingkatkan Pencegahan Wabah PMK pada Sapi Ternak

Jumat, 13 September 2024 09:46 WIB
Pencegahan penyebaran PMK pada hewan ternak di Kabupaten Pasuruan. (Dok: pasuruankab.go.id)Pencegahan penyebaran PMK pada hewan ternak di Kabupaten Pasuruan. (Dok: pasuruankab.go.id)

Radarsuara.com - Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus berupaya keras menanggulangi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi. 

Meskipun jumlah sapi yang terjangkit sudah mulai menurun, tindakan pencegahan dan edukasi kepada peternak masih gencar dilakukan. 

Plh. Bupati Pasuruan, Mujib Imron, bersama Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Diana Lukita Rahayu, mengunjungi Koperasi Tirto Rejo Mulyo di Desa Panditan, Kecamatan Lumbang, untuk memantau langsung situasi di lapangan.

“Kami ke sini membawa obat-obatan, vitamin, dan disinfektan untuk disemprotkan di kandang sapi. Vaksin juga diberikan untuk sapi yang sehat,” ujar Mujib dikutip pada Jum'at, 13 September 2024.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan tidak hanya memantau, tetapi juga memberikan sosialisasi intens kepada peternak tentang pentingnya vaksinasi dan cara penanganan yang tepat untuk ternak yang terjangkit PMK.

Gus Mujib, sapaan akrab Plh. Bupati, menekankan bahwa penggunaan vaksin adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan ternak, seperti halnya vaksin booster yang digunakan pada manusia untuk melawan Covid-19.

“Jika sapi masih belum sehat, pakaian yang habis digunakan peternak harus diganti, dan kandang harus disterilkan. Kami berharap PMK segera mereda,” imbuhnya.

Selain itu, bantuan berupa alat kesehatan hewan ternak juga disalurkan kepada peternak sapi di Kecamatan Lumbang. Bantuan tersebut meliputi vaksin, Alat Pelindung Diri (APD), masker, sepatu boots, dan alat sprayer untuk menjaga kebersihan kandang.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan, Diana Lukita, mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Satgas Penanganan PMK serta perangkat desa untuk memberikan edukasi kepada peternak agar mereka memahami pentingnya perawatan ternak di masa wabah ini.

“Dengan upaya ini, kami berharap peternak semakin siap menghadapi wabah PMK dan menjaga kesehatan ternak mereka,” tutup Diana.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...