Nasional

Cegah Penyebaran Hoaks di Pilkada 2024, Kominfo Bentuk Satgas Khusus

Jumat, 04 Oktober 2024 18:44 WIB
Persemian Satgas pencegah penyebaran berita hoaks di Pilkada 2024. (Dok: kominfo.go.id)

Radarsuara.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama platform digital berkomitmen melakukan moderasi terhadap penyebaran konten hoaks terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi menyampaikan bahwa Satgas Bersama telah dibentuk untuk menangani konten negatif selama masa kampanye.

"Platform dan Kominfo membentuk satgas bersama. Jadi, selama 55 hari ini, kami patroli bersama untuk penanganan cepat," ujar Budi Arie dikutip pada Jum'at, 4 Oktober 2024.

Menteri Budi menegaskan pentingnya menjaga ruang digital agar tetap kondusif selama proses Pilkada.

Saat ini, penyebaran hoaks terkait Pilkada Serentak 2024 relatif rendah. Budi Arie mengungkapkan bahwa hanya ditemukan enam konten hoaks, angka yang menunjukkan penurunan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Kami berharap tidak ada peningkatan signifikan hingga pelaksanaan Pilkada," tambahnya.

Selain itu, Menkominfo meminta semua kandidat serta tim pemenangan Pilkada untuk menjalankan kampanye secara bersih, tanpa menyebarkan informasi yang menyesatkan. 

"Saya minta kampanye dilakukan dengan cara yang baik dan tidak menyebarkan hoaks," tegasnya.

Menkominfo juga mengajak pekerja media dan platform digital untuk turut menjaga suasana Pilkada yang damai dan edukatif bagi masyarakat. 

“Kita harus menciptakan ruang yang lebih bijaksana, teduh, damai, dan edukatif untuk masyarakat,” tuturnya.

Satgas Bersama ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam menjaga keamanan informasi dan mencegah penyebaran hoaks yang dapat mempengaruhi situasi Pilkada 2024. Budi Arie juga berharap kolaborasi dengan platform digital akan semakin memperkuat upaya pencegahan ini.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...