Lingkungan Hidup

MOSAIC Optimis Program Hutan Wakaf Jadi Solusi Indonesia Hadapi Perubahan Iklim

Selasa, 17 September 2024 18:39 WIB
"Ilustrasi" MOSAIC Optimis program hutan wakaf jadi solusi Indonesia dalam menghadapi perubahan iklim. (Foto: pixabay.com)

Radarsuara.com - Organisasi Muslim Indonesia untuk Aksi Bersama Mengatasi Perubahan Iklim (MOSAIC) optimistis bahwa program Hutan Wakaf yang diinisiasi pemerintah dapat menjadi solusi strategis bagi Indonesia dalam menghadapi tantangan perubahan iklim global. 

Saat ini, luas hutan wakaf di Indonesia telah mencapai 10 hektare, dengan 2,5 hektare berada di Bogor, Jawa Barat.

Aldy Permana, pimpinan proyek MOSAIC, menjelaskan bahwa partisipasi berbagai pihak, termasuk swasta, sangat penting untuk mendukung target Net Zero yang diamanatkan dalam Paris Agreement. 

"Program Hutan Wakaf ini tidak hanya bermanfaat bagi ekosistem, tetapi juga mendukung kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat lokal," ujar Aldy dikutip pada Selasa, 17 September 2024.

Inisiatif ini juga mencakup proyek sedekah energi, di mana MOSAIC menyediakan panel surya untuk masjid-masjid di Sembalun, Nusa Tenggara Barat, dan Bantul, Yogyakarta.

Panel surya ini memungkinkan rumah ibadah untuk mendapatkan listrik dari sumber energi terbarukan.

Co-Founder Purpose Climate Lab Indonesia, Rika Novayanti, menambahkan bahwa program ini memiliki potensi untuk monetasi karbon, yang bisa melibatkan lebih banyak partisipasi pihak swasta. 

Dengan demikian, program Hutan Wakaf dapat menjadi model berkelanjutan dalam menghadapi krisis iklim dan mendukung ekonomi hijau di Indonesia.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...