Pertanian dan Peternakan

Dorong Peran Pemuda di Sektor Pertanian, Kementan Gelar Rakor Rencana Aksi YAA 2024

7 jam yang lalu
Kementan Gelar Rakor Rencana Aksi YAA 2024

Radarsuara.com - DEPOK - Dalam rangka mengoptimalkan peran pemuda di sektor pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Pusat Pendidikan (Pusdiktan), Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dengan Program YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Services) meyelenggarakan Rapat Koordinasi Rencana Tindak Lanjut Young Ambassador Agriculture (YAA) 2024 sekaligus pemilihan ketua YAA 2024.

Kegiatan diselenggarakan pada tanggal 18 s/d 20 Oktober 2024 di Hotel Santika Depok, Jawa Barat, diikuti oleh 49 Young Ambassador Agriculture 2024 dan tim Badan Pengurus Harian Duta Petani Milenial dari berbagai wilayah Indonesia.

Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman, mengungkapkan dalam berbagai kesempatan  bahwa generasi milenial memiliki potensi besar untuk membawa inovasi dalam sektor pertanian. "Upaya kita harus bersinergi dengan semua stakeholder, termasuk Young Ambassador, agar mereka dapat berkontribusi secara aktif dan kreatif," jelasnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Idha Widi Arsanti, dalam sambutannya menyatakan, "Target fokus pada teman-teman YAA ini adalah resonansi dan aksi nyata yang dituangkan pada program agar dapat terlaksana secara maksimal. Potensi ketua serta jajarannya sudah tidak diragukan lagi dari segi usaha."

Sementara itu, Plt Kapusdiktan, Inneke Kusumawati, menambahkan, "Pemilihan ketua YAA 2024 adalah salah satu upaya dalam pengoptimalan resonansi badan pengurus harian. Kami harap kegiatan ini dapat  mewujudkan program kerja yang sudah dipresentasikan dengan target yang jelas."

Gunawan Wibisono yang terpilih secara musyawarah mufakat menjadi ketua YAA 2024  menyatakan komitmennya untuk memaksimalkan amanah yang diberikan dan bekerja sama dengan seluruh anggota YAA 2024. "Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, dan kita akan bersama-sama mewujudkan target program yang telah disusun," ungkapnya.

Melalui inisiatif seperti ini, diharapkan sektor pertanian Indonesia dapat terus berkembang dengan kontribusi inovatif dari para pemuda yang mampu menghadirkan solusi kreatif dalam menghadapi berbagai tantangan petani muda agar dapat berinovasi dan berkontribusi lebih dalam sektor pertanian.

Komentar

You must login to comment...

RadarSuara Logo

Telah diverifikasi oleh Dewan Pers
Sertifikat Nomor
1134/DP-Verifikasi/K/X/2023