Pertanian dan Peternakan

Bantu Petani, Kementan Serap Produksi Cabai Merah Keriting dari Petani

Senin, 21 Oktober 2024 10:17 WIB
Bantu Petani, Kementan Serap Produksi Cabai Merah Keriting dari Petani (Foto: Dok. Kementan)

Radarsuara.com - Direktorat Jenderal Hortikultura melakukan aksi bagi - bagi cabai untuk masyarakat wilayah Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Pembagian cabai ini dalam upaya menyerap produk hortikultura khususnya cabai merah keriting yang saat ini sedang mengalami penurunan harga. Cabai sejumlah 450 kg didatangkan langsung dari Kelompok Tani Kauyunan asal Kabupaten Bandung, bekerja sama dengan champion cabai. 

“Kami mengirimkan 450 kg cabai langsung dari lokasi panen. Cabai yang dibagi-bagikan ke masyarakat dalam ukuran 500 gram per satu kantong. Saat membagikan bersama tim dari Ditjen Hortikultura, tampak antusiasme masyarakat,” ujar Juhara, champion cabai. 

Hadir di lokasi, Plt. Direktur Jenderal Hortikultura Muhammad Taufik Ratule, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab pemerintah kepada petani. 

"Direktur Jenderal Hortikultura memiliki peran dalam pengawalan produksi khususnya komoditas stategis. Bentuk pengawalan mulai dari hulu sampai hilir. Cabai merupakan komoditas strategis. Dengan demikian pemerintah perlu memastikan petani mampu menghasilkan produksi berdaya saing," ujar Taufik. 

Saat dihubungi terpisah, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Hotman Fajar Simanjuntak menjelaskan bahwa pemerintah perlu menjaga kontinuitas produk hortikultura, khususnya cabai.

"Penyerapan cabai hasil petani termasuk salah satu tugas dari Kementan. Hal ini dilakukan guna menjaga kontinuitas usaha tani petani. Kegiatan ini menjadi prioritas karena selain membantu petani, juga sebagai promosi produk hortikultura ke masyarakat,” pungkas Hotman.

 (*/Adv)

Komentar

You must login to comment...

RadarSuara Logo

Telah diverifikasi oleh Dewan Pers
Sertifikat Nomor
1134/DP-Verifikasi/K/X/2023