Peternakan

Taznika Farm, Peternakan di Bogor Bantu Bangkitkan Potensi 100 Kelompok Peternak Sukabumi

Senin, 10 Juni 2024 14:00 WIB
Muhammad Zia Ul Haq, pemilik Taznika Farm (Mahipal | Radarsuara)

Radarsuara.com - Taznika Farm, sebuah peternakan modern di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, memaksimalkan budaya gotong royong untuk memajukan usaha ternak.

Tidak hanya fokus pada perkembangan peternakannya sendiri, Taznika Farm juga aktif memberikan bantuan dan penyuluhan kepada peternak-peternak kecil di sekitarnya, membantu mereka meningkatkan perekonomian dan pengelolaan peternakan.

Muhammad Zia Ul Haq, pemilik Taznika Farm, memiliki visi untuk memajukan peternakan lokal. Dalam upayanya, Taznika Farm tidak hanya memberdayakan peternak-peternak di sekitarnya, tetapi juga di luar wilayahnya.

Salah satu inisiatifnya adalah memberdayakan 100 kelompok ternak di Kota Sukabumi.

Bekerja sama dengan rekan-rekannya di Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath, Desa Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Muhammad Zia menyelenggarakan program pemberdayaan. 

"Program-program yang kami laksanakan ini mencakup penyuluhan tentang manajemen peternakan yang baik, termasuk pengelolaan biaya dan penetapan harga jual yang tepat," jelasnya, Senin 10 Juni 2024.

Selain itu, lanjutnya, Taznika Farm juga mendukung digitalisasi usaha peternakan, membantu para peternak mengelola media sosial dan situs web perusahaan mereka. Tujuannya adalah untuk memperluas jangkauan pemasaran produk peternakan mereka.

"Tidak hanya memberikan bantuan dalam pengelolaan usaha, Taznika Farm juga membeli produk peternakan dari para peternak dengan harga yang lebih baik daripada tengkulak lokal. Hal ini membantu peternak meningkatkan keuntungan mereka," kata Muhammad Zia.

Tak berhenti di situ, Taznika Farm juga memberikan pelatihan tentang pengembangan produk peternakan, seperti pengolahan dan hilirisasi produk, kepada 100 kelompok ternak di Sukabumi. Dengan demikian, peternak dapat meningkatkan nilai tambah produk mereka dan meraih keuntungan yang lebih baik.

Inisiatif pemberdayaan yang dilakukan Taznika Farm ini pun diklaim telah memberikan dampak positif bagi ratusan peternak di Sukabumi. 

"Kami berharap upaya ini dapat terus mendukung pertumbuhan dan kesejahteraan peternakan di Indonesia. Dengan semangat gotong royong, kami percaya bahwa semua pihak dapat bersama-sama menuju kesejahteraan yang lebih baik," pungkas Muhammad Zia.

Penulis : Mahipal

Editor : Khaerul Umam 

Komentar

You must login to comment...