Pertanian

Pertanian Jadi Prioritas, Pemprov Jabar Salurkan 10 Ribu Pompa Air Atasi Kekeringan Lahan

Kamis, 30 Mei 2024 17:00 WIB
Ilustrasi pompa air pertanian (Dok.Freepik)

Radarsuara.com - Untuk mengatasi kekeringan lahan menjelang masa tanam padi, Pemerintah Provinsi Pemprov Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH), menyalurkan bantuan 10 ribu pompa air.

"Tahun ini ada sekitar 10 ribu peralatan pompanisasi air untuk mengatasi lahan pertanian yang dilanda kekeringan saat musim kemarau," ujar Kepala DTPH Jabar, Dadan Hidayat dikutip Kamis 30 Mei 2024.

Menurut Dadan, sektor pertanian menjadi prioritas untuk menjaga ketahanan pangan, terlebih dalam kondisi cuaca yang tidak menentu yang dapat mempengaruhi penanaman.

"Selain itu, ada juga bantuan dari pemerintah pusat untuk irigasi perpompaan, dengan syarat sumber air permukaan, bukan sumber air dalam," ungkapnya.

Selain itu, dalam menghadapi dampak musim kemarau tahun ini, pihaknya juga telah mewanti-wanti jajaran untuk terus memantau kondisi di lapangan, salah satunya dengan menyiapkan bantuan peralatan pompa air untuk menarik air ke lahan pertanian.

Untuk bantuan yang didistribusikan antara lain 10 ribu unit peralatan pompa dan 700 unit untuk irigasi pompanisasi yang siap disalurkan ke pemerintah daerah kota/kabupaten berdasarkan pengajuan.

Dadan menjelaskan bahwa bantuan ini diberikan dengan dua pola. Pertama, bantuan pompa sebanyak 700 unit yang didistribusikan berdasarkan ajuan atau usulan dari pemerintah daerah sesuai kebutuhan petani.

Sedangkan 10 ribu unit peralatan pompa lainnya, kata Dadan, penyalurannya dilakukan dengan mengirimkan dana langsung ke rekening kelompok tani untuk membeli peralatan pompa air.

"Selain itu, ada juga program bantuan pembuatan sumur bor dangkal untuk memenuhi kebutuhan air pertanian di berbagai daerah. Namun, bantuan tersebut harus lebih dulu diusulkan oleh petani," tandasnya.

Penulis : Asep Supriyanto  

Editor : Khaerul Umam

Komentar

You must login to comment...