Pertanian

Kelompok Wanita Tani di Kotawaringin Barat Konsisten Budidaya Pertanian

Kamis, 30 Mei 2024 14:00 WIB
Kelompok Wanita Tani sedang melakukan panen. (Dok.Distan Kobar)

Radarsuara.com - Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), konsisten melakukan budidaya pertanian hingga mampu menghasilkan panen yang memuaskan.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Kobar, Adi Budiarto mengatakan, budidaya tersebut dimaksimalkan setelah KWT menerima bantuan program peningkatan produktivitas sayuran.

"Sampai saat ini, ada 14 KWT yang telah menerima bantuan melalui program Pekarangan Pangan Lestari (P2L), dan hasilnya cukup memberi kontribusi terhadap ketahanan pangan," kata Adi dikutip Kamis 30 Mei 2024.

Lebih lanjut Adi menjelaskan, pada tahun ini pihaknya akan kembali memberikan bantuan untuk tiga KWT dalam kegiatan P2L. 

"Tujuannya adalah untuk memberikan dampak positif dalam meningkatkan perekonomian rumah tangga," jelasnya.

"Dengan memanfaatkan P2L, para ibu-ibu bisa lebih menghemat anggaran dan hasil sayurannya lebih sehat dan aman," imbuhnya.

Untuk pemasarannya, sayuran hasil panen dari pekarangan tersebut dijual di Pasar Pojok Horti yang diadakan setiap hari Jumat di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Kobar.

Dalam mendukung program pertanian, Adi menegaskan bahwa pihaknya juga memberikan bantuan berupa sarana produksi cabai dan bawang merah. 

"Cabai dan bawang ini menjadi perhatian karena sering mengalami fluktuasi harga yang dapat menyebabkan inflasi," pungkasnya.

Penulis: Asep Supriyanto  

Editor: Khaerul Umam

Komentar

You must login to comment...