Pertanian

Suka Bunga Peony? Berikut 6 Cara Menanamnya Agar Dapat Hasil yang Menawan

Selasa, 28 Mei 2024 17:00 WIB
Kecantikan Bunga Peony. (Dok.orami.co.id)

Radarsuara.com - Bunga peony adalah tanaman berumur panjang yang dikenal karena keindahannya dan dapat tumbuh subur dalam jangka waktu yang lama. 

Banyak yang menyukai tanaman ini karena penampilannya yang menarik. Bunga peony dapat ditanam di pekarangan atau taman rumah.

Namun, untuk menanamnya dengan sukses, penting untuk memahami langkah-langkah yang tepat. Berikut adalah 4 tips dari Longfield Gardens untuk menanam bunga peony dengan baik agar tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang memuaskan:

1. Menanam Akar dengan Benar

Pastikan untuk tidak menanam akar bunga peony terlalu dalam, idealnya tidak lebih dari tiga sentimeter. Penanaman yang terlalu dalam dapat menghambat pertumbuhan bunga.

2. Biarkan Area Terbuka

Jika akan menggunakan mulsa di sekitar tanaman peony, pastikan untuk meninggalkan area di sekitar akar terbuka. Jangan menutupi area akar dengan mulsa atau tanaman penutup.

3. Jaga Sirkulasi Udara

Meskipun bunga peony tahan terhadap berbagai kondisi, tetap ada risiko serangan penyakit tanaman, terutama jamur abu-abu. Pastikan sirkulasi udara di sekitar tanaman berjalan lancar untuk menghindari serangan jamur.

4. Pemangkasan yang Tepat

Lakukan pemangkasan pada bunga peony setelah tanaman tumbuh besar. Pada tahun pertama, cukup potong batangnya saja dan biarkan tanaman mempertahankan sebanyak mungkin daunnya. 

Selain itu, sebaiknya bunga peony ditanam di bawah sinar matahari penuh untuk mencegah pertumbuhan jamur patogen. 

5. Lakukan Pemangkasan 

Selanjutnya, pemotongan bunga peony bisa dilakukan setelah tanaman tumbuh besar. Namun, di tahun pertama, sebaiknya potong batangnya saja dan biarkan tanaman mempertahankan daunnya sebanyak mungkin. 

Selain itu, apabila ditemukan gejala penyakit pada bagian tanaman peony, maka sebaiknya potong area yang bergejala agar tidak menular ke seluruh bagian tanaman.  

6. Pasang penyangga

Perlu dipasang batang Bunga peony ganda atau semi ganda perlu diberi penyangga batang. Penyangga bisa terbuat dari kayu yang ditempatkan di setiap sisi tanaman.  

Lalu, hubungkan kayu dengan batang tanaman menggunakan tali. Kayu dan tali tersebut akan menopang batang peony agar tidak mudah roboh.  

Penanaman dan perawatan yang tepat akan membuat tanaman tumbuh dengan subur dan berbunga cantik.  

Penulis : Asep Supriyanto

Editor. : Khaerul Umam

Komentar

You must login to comment...