Pertanian

Terobosan, Mahasiswa UNDIP Ciptakan Inovasi Revitalisasi Pertanian dan Peternakan Melalui Digitalisasi

Selasa, 21 Mei 2024 10:00 WIB
Ilustrasi pertanian (Dok.Pixabay)

Radarsuara.com - Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) berhasil melakukan terobosan dengan menciptakan inovasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas sektor pertanian dan peternakan.

Inovasi terbaru ini datang dari Tim ICEDEEP (Inovasi Cerdas untuk Pengembangan Pertanian), yang terdiri dari mahasiswa Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI) Vokasi UNDIP.

Tim ICEDEEP diketuai oleh Syaikha Butsaina Dhiya’ulhaq bersama rekan-rekannya, Malika Pintanada Kaladinanty dan Haliza Ramadiani.

Syaikha menyampaikan bahwa konsep pengembangan sistem mina padi merupakan penggabungan tata letak baru dan teknologi sensor. 

Penemuan ini, kata dia, menjanjikan langkah besar dalam meningkatkan produksi padi sambil memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

"Salah satu komponen kunci dalam sistem ini adalah penggunaan sensor pH kolam yang inovatif. Sensor tersebut dirancang khusus untuk mendeteksi penurunan pH dalam kolam, yang merupakan tanda adanya peningkatan kadar nitrat akibat feses bebek yang digunakan sebagai campuran pakan ikan," jelas Syaikha dikutip Selasa 21 Mei 2024.

Mahasiswi angkatan 2020 ini menyebutkan, sensor tersebut akan memberi sinyal ke pompa untuk mengalirkan air dari kolam ke sawah padi. 

Menurutnya, hal ini tidak hanya membantu menjaga keseimbangan lingkungan kolam, tetapi juga memastikan kebutuhan air untuk pertumbuhan padi terpenuhi secara optimal.

"Suplai oksigen yang cukup di kolam merupakan aspek penting dalam budidaya ikan. Oksigen terlarut sangat esensial bagi pernapasan dan metabolisme ikan," ujar Syaikha.

Sementara itu, anggota Tim ICEDEEP lainnya, Malika Pintanada Kaladinanty, menyatakan bahwa inovasi ini tidak berhenti sampai di situ. 

Konsep pengembangan juga mencakup perubahan dalam tata letak, yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi lahan dan penggunaan air yang tepat. 

Modifikasi tata letak tersebut memungkinkan lahan dimanfaatkan secara lebih efisien, sementara air dialokasikan secara tepat guna, mengurangi pemborosan dan meningkatkan produktivitas.

"Gagasan inovatif dari Tim ICEDEEP mensinergikan tiga sektor dalam satu inovasi, yaitu sektor pertanian, perikanan, dan peternakan. Secara lebih rinci, konsep integrasi sensor dapat dilihat pada gambar," ujar Malika.

Penulis : Mahipal

Editor : Khaerul Umam 

Komentar

You must login to comment...