Peternakan

Pria Lulusan SMP di Jateng Sukses Jadi Peternak hingga Miliki 500 Ekor Sapi

Sabtu, 18 Mei 2024 13:00 WIB
Muhammad Rofik, pemilik Peternakan IBS Farm. (YouTube Pecah Telur)

Radarsuara.com - Muhammad Rofik, pemuda di Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, sukses menjadi peternak hingga mampu memiliki 500 ekor sali.

Dimulai dari nol, Rofik kini tercatat menjadi salah satu peternak yang sukses di daerahnya. Dia merupakan pemilik Peternakan IBS Farm.

Selain itu, dia juga mengelola kebun nanas seluas 300 hektare. Perkebunan dan peternakannya dikelola secara berkelanjutan, dengan memanfaatkan limbah ternak sebagai pupuk untuk perkebunannya.

Rofik menyebut bahwa apa yang dicapainya hari ini merupakan buah dari kerja keras usai harus memutuskan putus sekolah karena tak memiliki biaya setela ayahnya meninggal.

Namun, dia tetap bertekad untuk meraih kesuksesan sebagai peternak. Setiap hari, Rofik belajar tentang peternakan, memulai usahanya dengan meminjam modal, dan akhirnya membuktikan kesuksesannya.

"Saya hanya sekolah sampai SMP. Saya ingin membuktikan bahwa meskipun hanya lulusan SMP, saya bisa maju," ungkap Rofik dalam wawancara di kanal YouTube Pecah Telur dikutip Sabtu 18 Mei 2024.

Rofik juga menceritakan bahwa peternakan besar yang dimilikinya sekarang mengeluarkan biaya antara 500 hingga 600 juta per bulan untuk pakan dan gaji karyawan.

"Dengan 500 ekor sapi, biaya pakan dan gaji bisa mencapai 500-600 juta per bulan," tutur Rofik.

Sapi-sapi yang dikelolanya dijual setiap empat bulan sekali. "Kami menjual sapi setiap empat bulan sekali," jelasnya.

Rofik berpesan pentingnya memanfaatkan lahan milik pribadi sebelum mencoba memperluas lahan. Menurutnya, lahan pribadi tidak perlu luas; dari total lahan yang dimilikinya, lahan asli miliknya hanya 10 persen.

"Lahan sendiri tidak harus besar, mungkin dari keseluruhan, lahan pribadi saya hanya 10 persen," ungkapnya.

Penulis : Mahipal

Editor : Khaerul Umam 

Komentar

You must login to comment...