Pertanian dan Peternakan

Sirod: Prabowo Akan Tolong Petani Sawit

14 jam yang lalu
Foto: Diskusi Program Peremajaan Sawit Rakyat yang diadakan di Cikini, Rabu 16 Oktober 2024.

Radarsuara.com - Diskusi Program Peremajaan Sawit Rakyat yang diadakan di Cikini, Rabu 16 Oktober 2024 ini mengundang berbagai pihak terkait. Menghadirkan Dida Gardera (Deputi Pangan & Agribisnis, MenKoEkonomi), Normansyah Syahruddin (Direktur Penghimpun Dana, BPDPKS), Gulat Manurung (Ketum APKASINDO) dan Muhammad Sirod (Dewan Pakar TKN, WaSekjen HKTI).

Di tengah-tengah pemanggilan calon-calon menteri, wakil menteri dan kepala badan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto, diskusi ini menjadi penting bagi para pelaku di industri sawit khususnya para petani swadaya dan plasma. 

Sirod yang jebolan Teknik Industri IPB ini menjelaskan betapa bagusnya komoditi sawit karena memiliki pohon industri yang sempurna dalam pemanfaatannya. Karena komoditas ini tumbuh baik di sektor hulu, sampai pada proses hilirnya. Bahkan ke depan pemerintah lebih menguatkan lagi menjadikan sawit sebagai bagian ketahanan energi melalui bio-energi. 

Asta Cita Prabowo Gibran banyak terkait dengan persoalan sawit ini mulai dari soal ketahanan pangan, kesejahteraan petani, kemajuan desa, hilirisasi sawit dan sampai pemberantasan korupsi terutama potensi kehilangan pendapatan dari para pengusaha nakal pengemplang pajak.

Optimisme membangun ekosistem industri sawit yang ditopang oleh perkebunan rakyat harus diwujudkan melalui target-target dan capaian yang terukur, salah satunya dengan menumbuhkan terus program peremajaan sawit rakyat (PSR) ini. 

Dewan Pakar termuda TKN yang juga Ketua Bidang USAHA DAN BISNIS PERTANIAN Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) juga membawa hasil diskusi Dewan Pakar TKN yang dipimpin Burhanuddin Abdullah dan M. Jafar Hafsah serta Guru Besar IPB Rachmat Pambudy pada hari sebelumnya dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI). 

Rekomendasi berharga dari para pelaku industri hulu dan hilir sawit ini akan ditindaklanjuti dengan tindakan kebijakan pemerintahan Prabowo Gibran yang sudah mulai terlihat calon-calon menteri/Wamen/kepala badan terkaitnya dalam 1-2 hari kemarin ini.

Sirod juga mengajak peserta dialog industri yang dihadiri anak-anak muda yang memenuhi ballroom Oria hotel untuk optimis dan bersama-sama terlibat dalam pembangunan ekonomi ke depan. 

"Dengan bersama-sama, kompak dan saling topang antar pelbagai pihak, ekonomi kita bisa tumbuh 8 bahkan sampai 9 persen, seperti yang diungkapkan Pak Presiden Prabowo", tukasnya sebagai penutup paparan.

 (*/Adv)

Komentar

You must login to comment...