Gaya Hidup

5 Rekomendasi Jenis Investasi yang Minim Risiko dan Untung Besar

Jumat, 11 Oktober 2024 19:53 WIB
"Ilustrasi" 5 rekomendasi jenis investasi yang minim risiko. (Foto: pixabay.com)

Radarsuara.com - Investasi merupakan langkah cerdas untuk menjaga dan menumbuhkan kekayaan. Namun, memilih instrumen investasi yang tepat sangat penting agar modal tidak hanya aman, tetapi juga berpotensi memberikan keuntungan besar. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi investasi yang dianggap minim risiko dan menawarkan hasil yang menjanjikan, dikutip dari berbagai sumber pada Jum'at, 11 Oktober 2024.

1. Deposito Berjangka

Salah satu instrumen investasi paling aman adalah deposito berjangka. Meski keuntungannya tidak sebesar instrumen lain, risiko kerugian hampir nol karena dana dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

2. Obligasi Pemerintah

Obligasi pemerintah seperti Surat Berharga Negara (SBN) sering dianggap investasi yang aman dengan keuntungan stabil. Selain aman karena didukung oleh negara, imbal hasil yang ditawarkan relatif lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa.

3. Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang merupakan opsi yang baik untuk pemula. Dengan risiko yang rendah, instrumen ini bisa memberikan keuntungan lebih tinggi dibandingkan tabungan atau deposito, tanpa terpapar risiko besar dari fluktuasi pasar saham.

4. Emas

Emas telah lama dikenal sebagai investasi yang tahan terhadap inflasi. Harganya cenderung stabil dan meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu, emas juga mudah dicairkan kapan saja, membuatnya menjadi investasi likuid.

5. Properti

Properti seperti tanah atau rumah selalu menjadi pilihan yang menguntungkan dalam jangka panjang. Selain nilainya yang terus meningkat, properti juga bisa menghasilkan pendapatan pasif melalui sewa.

Meskipun tidak ada investasi yang benar-benar bebas risiko, dengan memilih instrumen yang sesuai, risiko dapat diminimalkan dan potensi keuntungan tetap besar.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...