Pertanian dan Peternakan

BI dan OJK Latih Petani Papua Membuat Laporan Keuangan

16 jam yang lalu
Bank Indonesia dan OJK Latih Petani Papua untuk membuat laporan keuangan. (Foto: Antaranews)

Radarsuara.com - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan pelatihan literasi keuangan kepada para petani di Distrik Pyramid, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. 

Pelatihan ini difokuskan pada pembuatan laporan keuangan sederhana, guna membantu para petani mengelola keuangan bisnis mereka dengan lebih baik.

Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Papua, Faturachman, dalam keterangannya di Jayapura, Senin (tanggal), menyebutkan bahwa pelatihan tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan finansial para pelaku usaha. 

“Pada Kamis lalu, kami melakukan kegiatan capacity building pencatatan keuangan kepada kelompok petani kopi dan bawang di Distrik Pyramid,” ujarnya dikutip dari Antaranews pada Selasa, 24 September 2024.

Menurut Faturachman, pelatihan ini akan membantu para petani mengidentifikasi area di mana mereka bisa menekan biaya dan meningkatkan efisiensi usaha. 

Selain itu, mereka diajarkan untuk memisahkan uang usaha dan uang pribadi agar tidak tercampur, yang dapat mempengaruhi kestabilan bisnis mereka.

Kerja sama antara BI dan OJK ini merupakan bagian dari sinergi untuk mendorong perekonomian di wilayah Papua Pegunungan, terutama melalui literasi keuangan.

Faturachman berharap, dengan kemampuan membuat laporan keuangan yang lebih baik, para petani akan lebih mudah dalam mengakses kredit perbankan untuk mendukung usaha mereka.

Analis Senior Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dari OJK Papua, Della Natalia Krey, turut memberikan materi terkait perencanaan keuangan, pengenalan tugas dan fungsi OJK, serta bahaya investasi bodong. 

"Pelatihan ini penting mengingat masih banyak masyarakat yang belum paham cara mengelola keuangan dengan benar," katanya.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para petani dalam pengelolaan finansial dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Editor: Mahipal

Komentar

You must login to comment...