Lingkungan Hidup

Pemkot Palangka Raya Komitmen Jaga Lingkungan Usai Resmikan Pusat Daur Ulang

Kamis, 30 Mei 2024 15:00 WIB
Hera Nugrahayu, PJ Wali Kota Palang Karaya. (Dok : palangkaraya.go.id)

Radarsuara.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya, meresmikan Pusat Daur Ulang (PDU) di Jalan Wortel daerah setempat. 

Diresmikan langsung Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Alue Dohong, PDU ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab.

Alue Dohong menekankan kepada Pemkot Palangka Raya untuk menjaga fasilitas PDU agar dapat beroperasi dalam jangka waktu yang panjang.

Selain itu, dia juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan sampah secara optimal untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

"PDU sampah ini dilengkapi dengan mesin pemilah sampah, sehingga mampu mengubah sampah organik dan non-organik menjadi sumber pendapatan baru yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkapnya dikutip Kamis 30 Mei 2024.

Sementara, Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan, peresmian PDU tersebut adalah wujud komitmen pemerintah dalam menjaga lingkungan dari tindakan pembuangan sampah secara sembarangan.

"Keberadaan PDU ini akan mendorong semangat kami untuk pengelolaan sampah yang lebih baik di Palangka Raya," ujar Hera.

Hera menjelaskan bahwa sampah yang diolah di PDU tersebut akan dijadikan berbagai macam produk seperti pupuk dan pakan ternak.

"Ke depannya, jika operasional PDU ini terbukti sukses, kami juga akan membangun fasilitas serupa dengan skala yang lebih kecil. Hal ini akan memungkinkan lebih banyak masyarakat terlibat serta meningkatkan perekonomian lokal," jelasnya.

Hera pun mengajak masyarakat untuk memilah sampah rumah tangga dengan baik agar pengelolaan sampah menjadi lebih efisien.

"Apabila sampah rumah tangga telah terpisah dengan baik, saya yakin pengelolaan sampah dan kualitas hidup kita akan meningkat," pungkas Hera.

Penulis : Mahipal 

Editor : Khaerul Umam 

Komentar

You must login to comment...